[internet]dah pada diblok….^.^

Berawal dari perbincangan di kantor, salah seorang kawan berkata bahwa ISP dia dan ngeblokir situs parno (dibaca: porno), malam harinya ketika sedang berinternet ria di rumah saya jadi ingat kata kawan saya tersebut. Kebetulan ISP yang digunakan sama, maka semakin penasaranlah gejolak darah muda ini(padahal saya sendiri jarang buka situs porno…daripada dibilang munafik, maka kata jarang keliatannya paling aman…betul saudara2?hehehe). Maka tampaklah sebuah kalimat: situs ******.com diblokir karena….bla…bla..bla.

Dalam hati saya langsung berkata: akhirnya mereka tidak cuma berkata-kata saja tapi langsung bertindak. Baguslah. Saya acungi jempol deh d^^b. Setelah sekian lama sejak sang mentri berkoar-koar akan memblokir situs porno, ternyata baru belakangan ini saja akhirnya kena blok sungguhan. Sebab setiap ada berita itu, saya jadi pensaran dan “ga sengaja” berkunjung sejenak untuk mengecek kebenaran kata-kata dari depkominfo. Sebenarnya saya juga prihatin melihat banyaknya anak2 tanpa pengawasan mengakses situs porno. Setidaknya dengan adanya ini, bisa sedikit membendung serbuan situs porno dan melindungi generasi penerus bangsa.

Tapi cerita ini belum selesai sampai disitu. Sejenak kemudian saya teringat pengalaman ketika masih duduk di bangku kuliah. Di lab internet kampus banyak situs yang di blok oleh pihak kampus, untuk membatasi akses internet. Tujuannya tentu agar internet kampus tidak dipakai dengan tujuan yang tidak jelas, seperti download film atau mp3 atau manga atau file-file aneh lainnya. Cara ngebloknya pun cukup sederhana, hanya dengan filtering situs dari proxy server, sehingga url tertentu tidak dapat diakses oleh mahasiswa. Sebagai mahasiswa ketika itu, kita tentu dituntut untuk menjadi kreatip, walaupun kreatipnya kadang melanggar aturan….hehehehe. Setelah bertanya sana-sini dan googling akhirnya ketemu cara dan singkat cerita….berhasillah saya ketika itu mengakses situs yang di blokir kampus.

Saya bertanya-tanya apakah ISP menggunakan cara yg mirip? Berhubung kejadian di kampus sudah cukup lama, maka saya sedikit lupa cara melewati blokir tersebut. Segera saya bertanya ke mbah google. Dengan kata kunci yg masih teringat secuil maka mbah google pun menjawab. Dan hasilnya….bisa tembus juga ternyata…hahahaha. Dan download pun masih bisa…akses data kesitus yang kena blokirpun masih bisa.
MEncoba berpikir positif…ngeblok situs itu ga gampang apalagi yang mau di blok jumlahnya bejibun. Upaya ISP dan pemerintah patut mendapat apresiasi…Terus berjuang kawan. Saya yakin kalian tetap berjuang….siapapun kalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: