[Tutorial]Buat Folder dan Filter di Yahoo! Mail

Beberapa saat yang lalu aku dimintain alamat email ama temen, katanya mau dikasih artikel bagus…saya kira, bakalan di kirimi artikel sekali aja, ternyata dia rutin ngirimi email ke saya…sekali ngirim juga bukan cuma satu, tapi bisa beberapa email sekaligus. Artikel-artikelnya emang lumayan bagus, walaupun aku tau dia dapet dari milis, tapi ga setiap kali buka email aku langsung baca emailnya. nah daripada nti itu email kecampur ama email-email lain, aku pisahin dari folder inbox, biar ga kehapus secara tidak sengaja. Update dari facebook yang diterusin ke emailku juga aku buatin folder khusus biar aku gampang ngeceknya, soalnya aku ga bisa onlen setiap saat, biasanya aku cek lewat hape jadulku yg cuma bisa gprs. Nah, biar isi inbox email kita bisa lebih rapi, ga ada salahnya kan bikin folder sekaligus filternya…
1. Yang pasti kalian harus punya akun email yahoo…kalo belum punya ya buat aja…
2. Login ke akun yahoo! mu
3. Buat Folder baru: caranyaCari My Folders (di kotak bagian kiri di bawah notepad)…klik add (di sebelah kanan My Folders)…kasi nama apa saja buat folder yang telah kita buat.
Nah, folder baru dah kita buat…berikutnya kita buat filters agar email yang datang dari orang/instansi tertentu bisa langsung masuk ke folder khusus tersebut
1. Cari link Options->Mail Options (biasanya terletak di kanan atas, dibawah search)
2. Klik Filters (kolom bagian kiri).
3. Klik Create or edit filters dikolom kanan.
4. Klik tombol Add untuk menambahkan filter baru, edit untuk mengedit filter yang telah ada, delete untuk mengahus filter.
5. Beri nama untuk filter yang baru anda buat
6. Untuk field-field berikutnya bisa diisi seperti berikut:
From Header: [Contains] [Isi dengan alamat email dari sang pengirim]
– Misalnya jika sang pengirim dari facebook.com, maka saya isi dengan kata ‘facebook’, atau alamat pengirim dari coba@yahoo.com diisi dengan atau ‘coba@yahoo.com’.
Untuk field-field berikutnya bisa diisi bisa tidak.
7. Then…Move the Message to [Pilih folder yang baru dibuat tadi]
8. Klik tombol Add Filter pada bagian kiri bawah.
9. Selesai
Sekarang setiap email dari pengirim tertentu langsung masuk ke folder yang telah kita buat.

credit to m2k yang telah ngajari aku ^^

2 Responses to [Tutorial]Buat Folder dan Filter di Yahoo! Mail

  1. nduy says:

    nambahin sedikit. Selain dari jejaring sosial seperti facebook dll. biasanya kita juga mau memindahkan email2 dari milis (mailing list)ke suatu folder tertentu, nah maka, klo yang diisi kolom pengirim, tidak akan berpengaruh, karena pengirim email yang melalui suatu milis tetap ditampilkan sebagai nama email individu, tidak seperti facebook yang pengirimnya akan selalu facebook. Jadi, yang perlu diisi adalah kolom judul/topic diisi dengan nama milis tersebut, mis. milis komuniti_logam@yahoogroups.com, maka biasanya setiap email yang dikirimkan oleh milis tersebut punya sisipin judul nama milisnya: [komuniti_logam] (berlaku jika setingan milis-nya default, klo dirubah-rubah ya coba diliat di setiap emailnya aja, pasti ada tulisan yang diapit dalam tanda kurung “[]” dan selalu sama….) Jadi, yang diisi adalah kolom judul: “mengandung/contain”: komuniti_logam (untuk contoh nama milis [komuniti_logam])…
    Seperti itulah sedikit tambahannya… kurang lebih terimakasih banyak…. ^.^ -nduy, salam metal-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: