Sulitnya nginstall XP di notebook keluaran baru

Aku mau share pengalaman sulitnya nginstall Windows XP di notebook Compaq Presario Cq 40. Ternyata ga semudah di PC.
Ceritanya berawal saat temenku beli notebook baru, nah dia minta tolong buat nginstalin OS nya, dia sendiri mo pake Windows XP. Sebelumnya aku emang udah tau kalo mo nginstall XP di notebook tipe itu emang agak-agak susah, soalnya harus pake usb floppy ama disket yg isinya driver SATA. Berhubung temen ada yg punya usb floppy(dulu dia beli juga buat nginstall XP doank…), aku sanggupin aja.
Nah, masalah pertama muncul ketika driver yang diberikan ternyata salah. Kita diberi driver buat windows vista, gimana mo bisa nginstall xp kalo gini. Balik lagi ke toko tuker driver, kali ini bener kita di kasi driver xp. Aku juga pingin ngasi tau kalo notebook baru ini prosesornya pake amd turion ama graphic card ati, tapi ternyata driver yg di kasi ama tokonya ternyata yg intel (yg jual tau ga ya kalo beda prosesor beda juga drivernya…>.<). Akhirnya kita balik lagi ke toko itu buat minta driver yg dari amd.
Oke, sekarang driver sudah bener, driver SATA juga udah ada, misi menginstall vista dimulai. USB floppy di tancapkan, disket dimasukkan, master XP dimasukkan juga….proses menginstal berjalan…
Semua sudah berjalan sesuai BPPWX versi B (Buku Pedoman Penginstallan Windows Xp versi Bajakan…), tapi apa yang terjadi? ternyata Adebayor gagal melakukan tendangan penalti dan bola melambung ja….kok malah jadi komentator bola….
back to topic….
Meskipun semua sudah berjalan dengan benar tetapi driver sata masih ga mau membantu kita menginstall XP. Padahal driver sudah bener tapi apa yg salah?? Karena penasaran kita pun kembali ke toko tadi buat minta penjelasan dan bantuan…Semoga masnya ga bosen liat tampang kita….^^
Setelah bertanya kepada pegawainya, kita pun mendapat penjelasan bahwa ternyata Compaq Cq 40 yg prosesornya amd emang aga sulit buat diinstalin Xp. Dia nyaranin kita buat nginstall Xp pake nlite. Nlite ni program buat mengedit master windows xp kita, jadi kita bisa memasukkan program tambahan di master windows xp kita, kurang lebih seperti itu, coz aku sendiri belum pernah coba pake nlite. Dia sendiri mencoba pake usb floppy emang ga bisa. Akhirnya kita pulang dengan membawa informasi berharga tapi dengan sedikit kecewa karena notebooknya ga bisa langsung diinstalin xp.
Berhubung Nlite-nya belum ada, aku saranini temenku untuk menginstall Vista dulu, ntar kalo dah ada nlitenya bisa dicoba buat nginstall Xp di notebooknya. Jadilah sementara ini dia pake Windows Vista….heuheuh sory brader.
Ato temen-temen tau cara yg laen buat nginstall Windows Xp di notebook Compaq Presario Cq 40 (104AX, kalo ga salah)yg prosesornya AMD?

One Response to Sulitnya nginstall XP di notebook keluaran baru

  1. syafrizal says:

    saya bisa instal laptop compaq dg xp.
    klw mau informasinya silahkan tinggalkan pesan di email nanti akan ku kirim balasannya complate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: