[Tips n Trick]Menghindari Virus Tanpa Antivirus

Belakangan ini virus-virus semakin merajalela. Kita colo Flash disk ke kompi aja, kompi kita bisa langsung kena virus. Virus tipe ini biasanya udah hidden dan mempunyai nama boot.com/boot.exe. Selain file exe itu, ada juga file yg namanya autron.inf, nah file inilah yang bakalan menjalankan boot.exe secara otomatis begitu FD (flash disk) kita colok ke komputer.

Kalau kita mencolokkan FD ke komputer, kita sering ditanya ama OS kita mau buka itu FD pake apa kan? Nah itu yg namanya autorun. Windows emang memang menyediakan service autoplay untuk menjalankan beberapa file instalasi. Kan kalau kita mengintal program, terkadang begitu cd dimasukkan langsung keluar tampilan untuk instal, nah tampilan itu keluar karena script autorun dan service autoplay dari windows. Setidaknya sejauh yang saya pahami…^^

Nah, untuk menghindari virus yang pake autorun kayak gitu, aku mengakalinya dengan menonaktifkan service autorun pada windows. Kalau ingin mematikan autorun bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Ketikkan gpedit.msc pada comand Run di Start menu (Untuk mengakses comand run bisa dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard). Hingga muncul windows Group Policy

2. Pada Window Group Policy, pilih urutan sebagai berikut:

Computer Configuration–>Administrative Template–>System–>Turn off Autoplay (dobel klik turn off autoplay)

3. Setelah itu akan muncul window Turn off Autoplay properties, pilih yg enabled.

4. Pada pilihan Turn off autoplay on: pilih yg all drivers

5. Sudah selesai…

Mudah kan? Setidaknya langkah-langkah ini bisa menangkal virus yg berjalan menggunakan script autorun. Sejauh ini, komputer ku masih kebal terhadap virus jenis seperti ini. Tapi jangan lupa untuk tidak menjalankan boot.exe nya. Walaupun autorun sudah mati, namun jika kita tetap meng-klik file boot.exe, maka virus itu juga akan jalan. Jadi tetap berhati-hatilah.Oh ya, kalo nemu virus itu jangan lupa untuk di delete secara manual atau dengan antivirus…jangan biarkan dia berkeliaran di FD mu…

Selamat mencoba….^^V

One Response to [Tips n Trick]Menghindari Virus Tanpa Antivirus

  1. evil says:

    perlu di testing ney :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: