[Tips]Cara Merawat Baterai Notebook!!

Notebook atau juga dikenal dengan sebutan laptop sekarang ini bisa dikatakan bukan barang yg terlalu mewah lagi. Jika dulu kita hanya bisa melihat para eksekutif aja yg bisa memiliki laptop, tetapi sekarang ini mahasiswa sudah terbiasa dengan benda elektronik yg satu ini. Hampir di setiap mall, cafe atau kampus pasti kita bisa menjumpai berbagai orang menggunakan notebook, baik itu digunakan untuk bekerja atau sekedar surfing di internet. Satu bagian dari notebook yg sangat vital tapi jarang kita perhatikan adalah baterainya. Bayangkan jika kita menggunakan notebook tanpa menggunakan baterai? Kalau ada colokan listrik dan kita membawa adaptornya tentu kita tidak akan pusing, tetapi bagaimana jika tidak ada colokannya? Baterai menjadi satu-satunya sumber tenaga bagi notebook kita, ibarat tubuh kita, baterai notebook setara dengan jantung. Jika jantung berhenti memompa darah, otomatis tubuh kita tentu akan menjadi mayat…MATI!! Oleh sebab itu saya coba membahas bagaimana cara untuk merawat baterai notebook kita. Berikut ini beberapa tips untuk merawat baterai notebook…

  • Jangan menggunakan baterai notebook dan charger yg tidak kompatibel, sebaiknya gunakan bawaan dari notebooknya. Jika ingin mengganti baterai atau charger, sebaiknya konsultasi dengan produsen ntoebook anda.
  • Hindari menggunakan/meletakkan notebook diatas pangkuan anda atau diatas tempat yg lunak seperti karpet, sofa, atau tempat tidur. Karena dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan overheating.
  • Jangan sampai baterai dan notebook itu sendiri mendapat tekanan yg berlebih, misalnya jatuh, terbentur atau terhimpit benda yg berat. Bayangkan saja jika notebook anda terjatuh dari lantai 20 gedung bertingkat, atau terbentur mobil yg melaju dengan kecepatan 120 km/jam atau diduduki seekor gajah? ^^ Ga percaya sama tips yg satu ini? silahkan saja anda membanting notebook anda atau membenturkannya ke tembok atau menduduki notebook anda. P.S. Resiko ditanggung sendiri!!
  • Letakkan saja notebook anda ditempat dengan suhu normal saja, jangan terlalu panas (seperti di dalam mobil yg ac nya mati atau ditengah lapangan bola pada siang hari) dan jangan terlalu dingin (jangan masukkan notebook anda ke dalam kulkas, ntar dikira puding ama adik anda ^^). Diantara 20-25 C, kalo terlalu panas, suruh notebook anda minum obat Paracetamol 2x sehari, kalau sakit berlanjut hubungi dokter terdekat. ^^
  • Ini yg paling kontroversial…Jangan sering pasang-copot baterai. Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan laptop dengan kondisi baterai tetap terpasang. Tetapi ada beberapa info yg mengatakan kalau baterai terpasang terus menerus akan menimbulkan overcharging, sehingga disarankan untuk melepas baterai jika kita menggunakan sumber listrik langsung dari PLN. Namun apakah anda mempertimbangkan arus listrik di negara ini. Jika listrik kita stabil dan tidak sering byar-pet, maka tanpa menggunakan baterai dan langsung menggunakan listrik dari PLN dengan perantaraan stabiliser maupun UPS sih gapapa. Jadi saat ini aku memfungsikan baterai notebook sebagai UPS. Mungkin hal ini bisa mengurangi durability baterai notebook kita tetapi kita bisa mencegah kerusakan hardisk ataupun komponen lain dari notebook kita yg terancam rusak jik listrik mati secara tiba-tiba. Berapa biaya untuk mengganti baterai dibandingkan dengan mengganti komponen dalam notebook kita? Belum lagi masalah pada pengunci baterai notebook kita jika kita sering memasang dan melepas baterai notebook kita. Selain itu, ada baterai atau charger yg akan memutus otomatis aliran listriknya jika sudah terisi secara penuh dan mengalihkan sumber listrik langsung dari adaptor, sehingga tidak ada istilah overcharging, namun tetap mengurangi durabilitas baterai.
  • Jika kita akan menggunakan notebook kita secara terus menerus selama 2 minggu…disarankan untuk melepas baterai notebook anda. Lihat tanda yg aku pertebal diatas!! Jika notebook tidak mati selama 2 minggu terus menerus baru copot baterai notebook anda. Btw emang ada orang yg memposisikan notebooknya sebagai server yg nyala terus menerus?
  • Jika kita tidak menggunakan notebook dalam jangka waktu 1 bulan lebih disarankan untuk melepas baterai notebook anda juga.
  • Sekali-kali lakukan kalibrasi terhadap baterai notebook anda. Minimal 3 bulan sekali. Mengenai kalibrasi baterai notebook akan aku jelaskan pada tulisan berikutnya, namun pada intinya kita diwajibkan untuk menggunakan baterai notebook sampai betul-betul habis (0%) atau notebooknya mati. Setelah itu isi ulang baterainya(kayak isi air mineral aja ^^) sampai penuh.
  • Kembali cek buku manual notebook anda untuk mengetahui lebih jelas masalah baterai notebook anda, karena bukan tidak mungkin perawatan baterai notebook berbeda tiap merknya.

Kurang lebih itu tips yg bisa saya berikan. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dan solusi untuk perawatan baterai notebook anda.

P.S. Tapi kalo menurutku beli barang elektronik itu hoki-hokian. ^^ tapi merawat benda kesayangan adalah mutlak hukumnya kalo ingin umurnya panjang.

Dikutip dari berbagai sumber. (Sumber mata air, TB Sumber Makmur, Toko emas Sumber Rejeki….heuheuhe)

Source: kaskus.us, hp.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: