[Ceritaku]Lebaran…part1

Tidak terasa sudah 2 hari ini aku berada kembali di kota Jogja setelah berlibur 10 hari di Kudus. Selama berlibur lebaran di Kudus banyak kejadian-kejadian yang (setidaknya bagiku) menarik. Mulai dari numpang bis Pariwisata sampe nyasar ke air terjun kering. 10 hari yang menyenangkan….

Siang itu aku langsung aja bergegas menuju terminal Jombor, waktu sudah menunjukkan pukul 1 siang dan kalau ditunda lagi, bisa-bisa agenda pulang kampung bisa batal. Setelah tiba di shuttle Trans Jogja yang di depan Bethesda aku langsung naik aja ke bus yang sudah siap meninggalkan shuttle…kalo ga cepet dikit mungkin udah ketinggalan tu bus dan harus nunggu lagi…dan menunggu itu bukan sesuatu yang menyenangkan. (bahasanya udah mulai kacau….ternyata sulit juga mo nulis pake bahasa baku…wekekekek)

Pas nyampe Jombor, rencana awalnya mau naek bus Patas langsung ke Kudus…tapi begitu nanya di agennya ternyata udah abis…padahal tu bus masih berangkat 30 menit lagi dari waktu aku nanya. Liat bus bumel(ekonomi ga pake ac), udah pada penuh, banyak yg berdiri. Akhirnya nanya ke agen yg ke Semarang. Ternyata masih ada…dan busnya udah mo berangkat…akhirnya aku naek bus Patas jurusan Semarang duduk di belakang pak sopir yang sedang bekerja, mengendarai bus supaya baik jalannya, brumm…brumm..suara knalpot bus. Ternyata itu bus masuk ke kota (Semarang) yang otomatis memperlambat waktu tiba ku, soalnya harus nunggu bus muter-muter di kota sambil nurunin penumpangnya. Begitu mau sampe terminal ternyata udah sore menjelang malam. Sebelumnya aku tanya dulu ama pak sopirnya, “Pak, nanti lewat terminal Semarang ga?”(sumpah, aku sempet lupa nama terminal semarang, padahal udah sering nongkrong disitu sambil bawa gitar ama bungkus chiki buat ngamen….heuheu… gak ding). Sopirnya langsung jawab, “Cuma lewat aja, ga masuk terminalnya.” Tau gitu udah lega aja hatiku…paling ga bisa nyegat bus yang mau ke arah Kudus…parah-parahnya dapat bus jurusan Surabaya.

Tapi belum sempet nyampe terminal ada bus dari perusahaan yang sama lewat, si sopir langsung nanya ke kondekturnya, “kui bus lungo nang ndi?”(ntu bus mo kemana?). kondekturnya jawab, “Paling ngo Kudus..”

Trus tu bus di kasi lampu…maksudnya di beritahu dengan sinyal dengan cara menyalakan lampu buat ngasi tau kalo ada penumpang…dan berhentilah itu bus. Dari sini kelihatannya masih ga kelihatan aneh. Seperti bus-bus lainnya yang sedang mengoper penumpang. Maka turunlah aku karena oleh kondekturnya dikasi tau kalo mau ke Kudus bisa naek bus yg di depan. Begitu mulai menginjakkan kaki di bus itu…si sopir nyuruh aku cari tempat duduk yg kosong di belakang…keanehan mulai nampak…kok harus ke belakang, kenapa ga di tengah ato di depan kan terserah kita, kan kita juga bayar…

Begitu mulai jalan ntu bus…keanehan mulai terjadi…ada bapak2 yg ke tengah sambil nanya ke penumpang di tengah..penumpang di tengah ngomong kalo ngangkut penumpang…aku bertanya dalam benakkku..”bukannya normal kalo bus berhenti buat ngangkut penumpang?”. Berikutnya aku menangkap kesan klo semua penumpang bus kok saling kenal….something strange…..dan menuju puncaknya ketika waktu berbuka tiba…mereka beramai-ramai berbuka puasa bersama saling membagi makanan. Seketika itu pula aku langsung berasumsi klo bus yg aku tumpangi itu adalah bus pariwisata…ato paling ga bus yg sudah di carter buat sekelompok orang. Ga kebayang rasanya jadi orang asing diantara orang2 yg sedang piknik. Rasanya jadi kayak numpang mobil orang…sumpah ga enak banget. Tapi di balik itu semua aku malah sempet mikir klo sapa tau ga ditarik bayaran…kan bukan bus penumpang biasa..tapi ternyata harapan itu hanya mimpi..karena begitu mo nyampe Kudus ditarik bayaran juga…dan sempet-sempetnya naikin harga normal, mungkin karena emang tarif lebaran…hiks…hiks…hiks. Pengalaman pertama ngikut bus yg udah di carter orang lain ga enak juga rasanya…..>.<

to be continued…………..

2 Responses to [Ceritaku]Lebaran…part1

  1. Adith says:

    Part 2 nya mana neh😀

  2. voxyus says:

    masih dlm bentuk draft….belum masuk ruang editor….huhuehue
    sabar ya..bentar lagi naek cetak kok…

Leave a Reply

