The Godfather’s Ten Commandments

Media-media internasional seperti televisi CNN, radio BBC, dll mewartakan November 2007 bahwa polisi Italia telah menemukan sebuah catatan berisi peraturan internal anggota mafia Italia menyusul ditangkapnya Salvatore Lo Piccolo, 65 tahun. Piccolo, godfather mafioso yang oleh aparat Italia dijuluki sebagai “bos dari segala bos”, telah diburu polisi sejak 1993.

Dalam penangkapannya ditemukan catatan kode etik mafia yang berisi hak dan kewajiban setiap anggota Piccolo. Suratkabar Italia, La Repubblica, menyebut kode etik itu sebagai The Godfather’s Ten Commandments atau — menurut terjemahan bebas Blog Berita — Sepuluh Titah Sang Mafia.

Polisi Italia mengatakan, berkas tersebut dibuka dengan kalimat, “Aku bersumpah untuk percaya pada Cosa Nostra. Kalau aku berkhianat, maka biarlah tubuhku terbakar.” Cosa Nostra adalah istilah yang sering dipakai aparat Amerika Serikat untuk menyebut mafia Italia.

Kode etik mafia Italia ini ditulis dengan huruf kapital. Isinya antara lain memerintahkan setiap anggota mafia untuk bersikap baik dan hormat pada isteri masing-masing, dan melarang berselingkuh atau mendekati isteri sesama mafia.

Inilah kesepuluh kode etik ala mafia Italia:

1. Dilarang memperkenalkan diri secara langsung kepada pihak kedua; harus pihak ketiga yang melakukannya.
2. Dilarang “main mata” dengan isteri sesama anggota.
3. Jangan sampai terlihat oleh polisi.
4. Dilarang dugem di tempat hiburan malam seperti pub dan klub.
5. Harus selalu siaga demi panggilan tugas mafia, bahkan ketika isterimu melahirkan.
6. Janji untuk bertemu harus dipatuhi.
7. Isteri harus diperlakukan dengan hormat.
8. Bila ditanya soal informasi apapun, maka jawabannya haruslah benar.
9. Dilarang menerima uang yang menjadi hak rekan lain atau keluarganya.
10. Orang-orang yang tidak bisa bergabung dengan mafia: Orang yang dekat dengan polisi, yang waktunya bagi keluarga relatif terbagi, yang perangainya buruk dan tidak bermoral.

Ada yang tertarik jadi mafia? paling tidak istri anda tidak bakal dijamah ama teman mafia lainnya. Dan istri para mafia pasti bahagia karena mereka wajib dihormati ama suaminya.

Atau jangan-jangan si bos mafioso ini ikut “Ikatan suami-suami takut istri”, makanya bikin peraturan kayak gitu. Ikutan genknya Pak RT, mas karyo, uda faisal ama bang tigor aja kalo gitu.

Comments are closed.

%d bloggers like this: